Penulis : Febriyani dan Theresia Kenya 
Editor  : Di Ra

Halo sobat Strabel! Kembali lagi kami membawa sebuah kabar baik bagi sekolah kita tercinta. Belum lama ini, SMK Strada Budi Luhur dengan bahagia membawa kemenangan yang hebat atas keberhasilannya dalam perlombaan Cerdas Cermat Akuntansi tingkat Se-JABODETABEK. Perlombaan ini diikuti oleh 2 tim dari kelas XI yaitu tim 1 terdiri dari Febriany Setiawan, Chintia Sarah, dan Bintang Hotfin, lalu tim 2 terdiri dari Theresia Kenya, Gabriella Novalinda, dan Rafael Prince. Dan kami di sini akan membagikan pengalaman-pengalaman yang pasti seru dan bermanfaat untuk teman-teman yang nantinya ingin mengikuti lomba-lomba di luar sekolah.

                             

 

Perlombaan Akuntansi ini diselenggarakan dalam acara BOC (Battle Of Creatifity) yang diadakan oleh STIE Tri Bhakti. Acara ini dibagi menjadi 3 babak, hari pertama (babak penyisihan) dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus, hari kedua (babak semifinal) dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus, dan hari ketiga (babak final) dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus. Perlombaan cerdas cermat akuntansi BOC diikuti oleh siswa/siswi tingkat SMA/SMK sebanyak 22 tim, dalam satu tim terdiri dari 3 orang.

Pada babak penyisihan, dilaksanakan secara online dengan menjawab 50 soal pilihan ganda dengan menggunakan google form dan 1 soal mengenai Ayat Jurnal Penyesuaian yang dijawab dengan menulis secara manual di atas kertas folio bergaris, pengerjaan di babak penyisihan diberi waktu selama 120 menit. Di babak tersebut, ada 15 tim dari SMK dan SMA yang berhasil lolos ke babak semifinal yakni 9 Tim SMK dan 6 Tim SMA. Kedua tim perwakilan dari SMK Strada Budi Luhur yaitu kami, berhasil lolos dari babak penyisihan dan lanjut ke babak semifinal.

Pelaksanaan babak semifinal dilakukan secara offline, sehingga kami dapat bertemu langsung dengan tim dari sekolah lain. Prosedur babak semifinal yaitu setiap tim wajib menjawab pertanyaan yang sudah disediakan oleh panitia, baik pertanyaan wajib maupun pertanyaan rebutan. Setiap tim diberi waktu selama 10 detik untuk menjawab. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berada di dalam amplop yang dipegang oleh panitia dan dipilih oleh setiap masing-masing tim. Dalam babak semifinal, apabila kami berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, kami diberi poin sebanyak 1 poin, namun jika salah, maka poin kami akan -1 (dikurangi 1). Singkat cerita, kedua tim dari SMK Strada Budi Luhur yaitu tim 1 dan tim 2 berhasil lolos, sehingga lanjut ke babak terakhir, yakni babak final.

Selanjutnya, babak final yang dilaksanakan pada 23 Agustus 2022 di STIE Tri Bhakti ini diikuti oleh 3 tim yang terdiri dari 2 tim SMK Strada Budi Luhur dan 1 tim SMK Karya Bahana. Terdiri 2 tahap penilaian dalam babak akhir ini, tahap 1 yaitu tahap presentasi, dimana kami harus mempresentasikan materi yang telah kami pilih pada akhir acara semifinal kemarin. Kami diberi waktu selama 5 menit untuk menyampaikan materi presentasi. Setelah tahap presentasi, kami melanjutkan ke tahap 2 yaitu tahap SOS. Terdapat 9 kotak tick tack toe atau kotak SOS yang masing-masing berisi 1 soal. Masing-masing tim diberi kesempatan untuk memilih kotak soal. Jika tidak bisa menjawab, maka dapat dilempar ke tim lawan. Soal berbentuk perhitungan atau penjurnalan. Apabila berhasil menjawab akan diberi 10 poin dan apabila tim berhasil membuat garis lurus/diagonal/vertical/horizontal maka tim akan diberi bonus 50 poin. Tetapi, dalam babak final ini, tidak ada tim yang berhasil membuat garis lurus/diagonal/vertical/horizontal. Kami hebat kan…? Hehehe.

 

Sampailah pada puncak acara, sesi ini pastinya adalah sesi yang paling ditunggu-tunggu. Sobat strabel penasaran ga nih..? Pada puncak acara, SMK Strada Budi Luhur membawa supporter sebanyak 10 orang. Supporter terdiri dari kelas XI dan kelas X. Selain bersorak dan menyemangati kami, supporter kami ajak untuk mengalami secara langsung suasana perlombaan yang begitu menegangkan. Bisa dibilang sebagai pengalaman pertama mereka kali ya? Hehehe… Nah, kalian pasti bertanya-tanya, sebanyak apa sih supporter-supporter yang sekolah lain bawa? Hm, asal kalian tahu, sekolah kita yang paling banyak yang membawa supporternya lho! Hahaha.

Oke, lanjut ya guys. Pada puncak acara tepatnya acara terakhir, sesi ini pastinya adalah sesi yang ditunggu-tunggu. Sobat strabel penasaran ga nih..? Puncak acara merupakan bagian acara yang membuat kami deg-degan menantikan pengumuman juara. Setelah menyaksikan beberapa penampilan bakat seperti tradisional dance, paduan suara, dan band, akhirnya pemenang lomba CC Akuntansi tingkat SMK dibacakan juga. Suasananya begitu tegang dan membuat hati tidak tenang. Seperti pembagian hasil ujian sekolah, kami sangat-sangat berharap dapat membawa nama baik sekolah dengan kemenangan yang hebat. Pengumuman dibacakan oleh kedua MC yang dibawakan dengan begitu semangat, seakan membuat hati kami tidak goyah. Bagaimana hasilnya yaa…? Yap, kabar baiknya adalah kami mendapatkan juara 1 yang  diraih oleh Tim 1 dan juara 3 oleh Tim 2. Para supporter dengan membara menyorakkan suara mereka dan melemparkan ucapan-ucapan selamat atas kemenangan kami. Dan di akhir acara, ada sesi foto bersama dengan seluruh peserta, tamu undangan, dan panitia lomba di atas panggung. Eits, tidak hanya itu, supporter SMK Strada Budi Luhur juga mendapat apresiasi lhoo dari STIE Tri Bhakti sebagai supporter ter-aktif.

Oh iya, Pengalaman yang kami ceritakan memang tidak sebanyak dengan yang kami alami. Namun kami berharap, teman-teman saat ini bisa mendapatkan gambaran dan motivasi tentang ikut serta dalam perlombaan ini untuk perlombaan yang akan datang nantinya. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu guru serta teman-teman atas dukungan dan bimbingannya. Tentunya, kami dapat berhasil memenangkan lomba ini berkat penyertaan Tuhan dan dukungan dari Bapak/Ibu guru serta teman-teman.

  

Ikuti kami terus ya teman-teman, karena kesempatan kalian akan datang. Jangan lupa komen dan share ke teman-teman kalian. Sampai jumpa 🙂

       

 

Sebarkan artikel ini