Struktur kurikulum SMK mencakup aspek kognitif dan psikomotorik yang meliputi pula aspek afektif, maka uji kompetensi Akuntansi dirancang dalam bentuk ujian praktik kejuruan. Melalui bentuk ujian tersebut diharapkan dapat menjamin terselenggaranya sistem penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment) yang lebih taat asas, dan pada gilirannya dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang berbasis kompetensi.

Tujuan dari Uji Kompetensi Keahlian Akuntansi :
1. Untuk menggali dan melihat seberapa besar kompetensi yang dimiliki oleh siswa/siswi kelas XII Akuntansi
2. Mendapatkan sertifikat kompeten yang memiliki standart dan berlaku secara nasional dari BNSP.
3. Membekali siswa untuk bekerja
4. Mewujudkan pencapaian profil Sekolah : Ketercapaian Profil Lulusan

Pelaksanaan Uji Kompetensi Program Keahlian Akuntansi SMK Strada Budi Luhur, yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 8 April 2021 lalu, dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Meskipun diadakan di dalam masa pandemi Covid 19, namun semua siswa bisa hadir di sekolah tepat waktu, tentunya dengan standar Prokes yang ketat. Dengan menggunakan 3 ruang kelas SMK Strada Budi Luhur, ke-66 siswa peserta ujian, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 52 siswa perempuan, dapat mengikuti uji kompetensi dengan baik. Ada pun tim penguji/asseor untuk uji kompetensi ini berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi Akuntansi (LSP-TA).

lsp ta -horz

Para siswa peserta uji kompetensi di tiga ruang


Selama 2 hari pelaksanaan, asesi (baca. siswa peserta uji kompetensi) dibagi menjadi 3 kelompok. Hari pertama pelaksanaan uji kompetensi adalah dengan tatap muka di sekolah. Hari kedua merupakan pemberian rekomendasi kepada asesi melalui platform zoom di rumah masing-masing. Hasil dari uji kompetensi dinyatakan bahwa 65 asesi kompeten dan 1 asesi belum kompeten.

Kami bersyukur pelaksanaan uji kompetensi Akuntansi berjalan dengan lancar, meskipun dalam masa pandemi Covid 19, dengan 98 % dari peserta /asesi dinyatakan KOMPETEN. Ini merupakan prestasi yang tertinggi selama 4 tahun penyelenggaraan uji kompetensi. Namun demikian kami akan terus meningkatkan kemampuan dengan memperdalam pelatihan sehingga para siswa layak mendapat sertifikat KOMPETEN 100% sebagai TEKNISI AKUNTANSI YUNIOR.

Bekasi, 09 April 2021
Tim Akuntansi dan Keuangan Lembaga

lsp ta 04

Tim Asesor bersama jajaran sekolah


Sebarkan artikel ini