OlehĀ Loretta Ester & Gregorius Putra

Halo Sobat Strabel Scout,

Di masa pandemi Covid-19 ini, organisasi Pramuka Pangkalan SMK Strada Budi Luhur melakukan terobosan baru untuk kedua kalinya, yakni melakukan kegiatan Pelantikan Dewan Ambalan secara offline. Kegiatan Pelantikan Dewan Ambalan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 April 2021. Pelantikan Dewan Ambalan adalah kegiatan untuk melantik Dewan Dewan Kerja Ambalan (DKA) baru yang akan melakukan masa bakti selama satu tahun periode berikutnya. Kegiatan ini diikuti oleh Kak Mabigus selaku pembina pramuka, Dewan Kerja Ambalan masa bakti sebelumnya, dan juga Dewan Kerja Ambalan baru yang sudah terpilih.

ambalan03

Upacara pelantikan Dewan Kerja Ambalan periode 2021-2022


Kegiatan diawali dengan latihan sebelum mulai upacara. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pelantikan. Seluruh peserta, baik petugas maupun kakak-kakak pembina turut serta menggenakan seragam pramuka. Kak Alex sebagai protokol, Kak Kevin sebagai pemimpin upacara yang memimpin upacara dengan baik, serta petugas-petugas lainnya yaitu DKA (Dewan Kerja Ambalan) lama memulai upacara. Dilanjutkan prosesi upacara dan pelantikan. Saat pelantikan tiba, diminta agar DKA baru maju ke tengah lapangan. Diawali dengan pertanyaan dari Mabigus kepada DKA baru dan dilanjutkan pengucapan Tri Satya sambil memegang Bendera Merah Putih yang di bawakan oleh Kak Friska, untuk menandakan bahwa siap menjadi Dewan Kerja Ambalan. Setelah di sahkan oleh Mabigus dengan ketok palu 3 kali prosesi pelantikan pun usai, dilanjutkan dengan sepatah kata dari Ketua Ambalan lama yaitu Davin Sebastian dan Hana Lisna. Kemudian pembubaran barisan oleh pemimpin upacara.

ambalan01

Pelepasan atribut Dewan Kerja Ambalan lama


ambalan02

Pemasangan atribut Dewan Kerja Ambalan baru


Kegiatan pramuka tidak hanya sampai disitu. Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan program yang akan dilakukan beberapa minggu kedepan. Tidak hanya itu kami juga membahas mengenai pembagian PIC persangga. Kami mulai dengan perkenalan satu sama lain, kemudian kami lanjutkan dengan menyusun program yang akan kami lakukan untuk Minggu selanjutnya, yaitu tentang Makhluk Sosial. Diskusi dilakukan hingga tak terasa sudah menyentuh jam makan siang. Ada beberapa anak yang tidak membawa bekal, jadi kakak-kakak ambalann lama memiliki inisiatif untuk melakukan pembagian makanan bersama anak-anak yang membawa bekal. Bekal dikumpulkan untuk dibagi sedikit kepada temannya. Prosesi makan pun tiba, seperti biasa kakak-kakak ambalan pasti mempunyai cara untuk membuat acara semakin seru dan meriah tentunya dengan melakukan tradisi makan yang sudah dilakukan pangkalan SMK Strada Budi Luhur.

Prosesi dilakukan sesuai dengan instruksi dari orang yang memimpin acara tersebut, seperti makan tidak boleh menunduk atau sendok yang harus menghampiri mulut. Tidak hanya itu, tapi juga bagaimana kecepatan kita dalam makan dan kerapihan atau kebersihan kita dalam makan. Semua itu menjadi pelajaran bagi kami, terutama bagi Dewan Kerja Ambalan yang baru, karena kita diajarkan untuk disiplin, kerapihan, dan kecepatan kita dalam bekerja. Itu tercerminkan pada saat kita melakukan prosesi makan tersebut.

Tidak sampai di situ, kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan yel-yel pangkalan SMK Strada Budi Luhur, kemudian dilanjutkan dengan Mars Ambalan, Amsal Ambalan, dan selanjutnya adalah berbalas pantun antara ambalan Putra dan ambalan Putri. Kegiatan tersebut sangatlah menarik dan sangat berguna bagi Dewan Kerja Ambalan SMK Strada Budi Luhur yang baru karena kami diajarkan untuk bersatu hati dalam melakukan kegiatan kegiatan kepramukaan.

Tidak terasa waktu sudah mencapai pukul 2.00 siang, kami diminta untuk segera pulang ke rumah karena harus mengikuti protokol kesehatan dengan baik. Tentunya kami turut melakukan protokol kesehatan saat berada di lingkungan sekolah.


Sebarkan artikel ini