Penulis : Leonardus Putra 
Editor  : Di Ra

Hello sobat Strabel !! Saya mau cerita nih tentang keseruan Acara PerJuSa pada Tanggal 28-29 Oktober 2022

Organisasi Dewan Kerja Ambalan (DKA) mengadakan kegiatan perjusa yang dilaksanakan di lapangan toyogiri selama 2 hari 1 malam dengan tema. Peserta perjusa kali ini mengundang beberapa alumni purna SMK Strada Budi Luhur dan seluruh siswa kelas 10 dan 11. Seperti apa keseruan dan kegiatan-kegiatannya, yuks di scroll terus…

 

Acara perjusa ini diawali dengan apel pembuka yang dilaksanakan pukul 8.00 di pimpin oleh Pascalis Remo dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari pembina Pramuka kami Kakak Yohanes Adheyudha pada saat sesi amanat apel. Kemudian seluruh sangga dan DKA membangun tenda masing-masing. Semuanya kompak loh untuk membangun tenda.

Setelah seluruh sangga dan DKA membangun tenda, seluruh peserta dikumpulkan di tengah lapangan untuk belajar mengenai materi Latihan Keterampilan Baris-berbaris (LKBB) dibimbing oleh kak Jack. Di selang waktu berlatih LKBB, kami kedatangan seorang Romo direktur Perkumpulan Strada yaitu Romo Bei. Beliau yang baru saja selesai menjadi tamu dalam upacara sumpah pemuda yang diadakan Strada Budi Luhur menyempatkan diri untuk datang ke toyogiri untuk melihat kegiatan perjusa yang sedang berlangsung. Tidak lupa beliau memberikan kata sambutan  dan menceritakan pengalaman beliau mengikuti kegiatan Pramuka sampai ke tingkat pandega. Lalu, beliau juga disambut antusias oleh Kakak-kakak pembina dengan memberikan ucapan syukur berupa masakan yang telah dimasak oleh Kak Joe dan kakak-kakak pembina lainnya.

Di sore harinya, kegiatan kami selanjutnya adalah games. Di games ini, kakak-kakak DKA sudah menyiapkan kurang 7 games yang tentu saja sangat seru dan menguji kerja sama antar sesama anggota masing-masing sangga. Nama-nama games tersebut antara lain benteng takeshi, pipa bocor, jembatan gila, oper sarung, oper spons, lava dan volly air. Pasti diantara kalian sudah tidak asing mendengar beberapa nama games itu kan? Jadi ketujuh games tersebut memiliki peraturan yang tentunya tidak boleh dilanggar oleh peserta. Sistem game ini berbentuk game post, maka dari itu setiap games akan didampingi oleh PIC supaya kegiatan games dapat berjalan lebih teratur. Berikut keseruan kegiatan games kami yang tidak mampu dirangkai dengan kata-kata :

 

setelah kegiatan games, seluruh sangga diberi tugas untuk memasak makanan untuk makan malam dan MCK ( Mandi, Cuci, Kakus ). Setiap sangga harus berbagi tugas kepada masing-masing anggotanya siapa orang yang bertugas untuk masak dan siapa yang bertugas untuk MCK. Lalu anggota yang telah selesai MCK langsung melanjutkan masakan yang telah dimasak teman nya tadi dan anggota yang telah bertugas masak sebelumnya langsung bergegas untuk MCK. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan melainkan untuk menguji kerja sama antar masing-masing anggota sangga supaya chemistry mereka dapat terbangun bersama.

Diselang waktu makan malam, para DKA mempersiapkan segala sesuatu untuk melaksanakan upacara api unggun dan acara pentas. Setelah selesai makan malam, seluruh sangga diperintahkan untuk berkumpul di lapangan untuk melaksanakan upacara api unggun dilanjutkan dengan kegiatan pentas masing-masing sangga. Upacara api unggun dipimpin oleh Kakak Pradana kita Kak Leo dan Bu Lina sebagai pembina nya.

Akhirnya acara yang telah ditunggu-tunggu tiba, yaitu acara PENTAS SANGGA. Dalam pentas sangga ini masing-masing sangga harus menyumbangkan keahlian mereka. Setiap sangga bebas berekspresi seperti bernyanyi, joget-joget dan lain sebagainya. Seluruh peserta sangat antusias melihat sangga lain yang sedang tampil, bahkan mereka sampai bernyanyi lagu galau bersama ( mungkin lagunya relate sama keadaan mereka sekarang ).

Acara hari Jumat ini ditutup dengan renungan yang dibawakan oleh Kak Leo ( tapi ini kak Leo versi guru ya teman-teman ). Renungan yang dibawakan oleh kak Leo mungkin sangat relate  dengan keadaan kita sekarang dimana setiap hari pulang sekolah selalu sampai sore hari bahkan bisa saja sampai larut malam karena beberapa urusan dengan organisasi atau lainnya. Lalu setelah pulang ke rumah, kita juga selalu lupa untuk menyapa orang-orang rumah terkhusus orang tua kita masing-masing. Maka dari itu kak Leo mengajak seluruh siswa-siswi untuk meluangkan waktunya sedikit saja untuk keluarga mereka.

 

Dihari berikutnya tanggal 29 Oktober 2022 pukul 04.00, seluruh sangga dikumpulkan untuk melaksanakan senam pagi yang dipimpin oleh kak Wili, kak Bethany, Kak Johnes dan Kak Sugeng. Senam dilaksanakan dengan meriah dengan lagu-lagu senam yang tentu saja membangkitkan semangat dipagi hari. Setelah selesai senam, setiap sangga diberi tugas untuk menyiapkan sarapan dan MCK.Lalu setelah selesai menyiapkan sarapan dan MCK, seluruh sangga dikumpulkan oleh kakak Purna ditengah lapangan untuk selanjutnya dilakukan kegiatan sarapan bersama. Sarapan kali ini dilakukan dengan adat Ambalan yang dimana setiap siswa diharuskan untuk makan dengan posisi duduk rapih dan tegak.

 

Kegiatan selanjutnya adalah apel pagi. Apel pagi kali ini dipimpin oleh Kak Christian dari kelas 10 dan Kak Sugeng sebagai pembina pada apel pagi ini. Setelah apel pagi selesai, Masing-masing sangga diberi waktu istirahat sebentar dan menyiapkan peralatan peralatan masak untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan apakah itu? Yuk dibaca teruss yaa..

Tepat pukul 10.00, seluruh sangga diperintahkan untuk berkumpul di tengah lapangan. Seluruh sangga tersebut selanjutnya akan dibagi kelompok sesuai nama sangga mereka masing-masing seperti contoh kelompok 1 : sangga pendobrak kelas 10 dan sangga pendobrak kelas 11. Nah, setelah kelompok telah terbagi, kegiatan selanjutnya yaitu pelatihan Pioneering dan lomba memasak. Masing-masing kelompok harus berbagi tugas siapa saja yang mengikuti kegiatan Pioneering (membuat tandu) dan siapa saja yang mengikuti kegiatan lomba memasak dan mereka hanya diberi waktu kurang lebih 60 menit.

 

Oia, setelah seluruh kelompok menyelesaikan masakan mereka, setiap kelompok harus mem plating masakan mereka semenarik mungkin untuk diberi kepada juri/penilai. Masakan tidak hanya dinilai dari segi kecantikannya, tetapi juga dari rasa dan proses pembuatannya. Dan kelompok yang memenangkan perlombaan masak ini sudah dipastikan yaitu kelompok sangga Putri, tetapi ada satu kelompok sangga Putra yang berhasil mendapatkan juara 3 yaitu kelompok sangga pendobrak Putra.

Setelah seluruh kegiatan pada hari Sabtu telah selesai, pukul 12.00 seluruh sangga diberi waktu istirahat dan merapihkan tenda serta perlengkapan masing-masing anggota karena tidak terasa acara sudah mencapai penghujung. Mereka juga diberi waktu makan siang terlebih dahulu dengan sisa lauk-pauk yang mereka buat dalam perlombaan masak tadi.

Setelah istirahat telah selesai, seluruh sangga selanjutnya dikumpulkan ditengah lapangan untuk selanjutnya dilaksanakan upacara penutupan serta pelantikan OSIS periode 2022-2023.

 

Demikianlah keseruan acara perjusa SMK Strada Budi Luhur. Sebetulnya masih banyak loh keseruan lainnya, tapi kalua ditulis semua bisa panjang artikel ini.. hehehe

Terimakasih sudah membaca ya strabel

Jangan lupa like, comment n share yaaa

Sebarkan artikel ini