Penulis  :  Leonardo D. Putra 

Editor   :  Ditra

Hellow sobat strabel….

udah pada taukan, kalau tanggal 1 Juni merupakan hari lahirnya dasar negara kita, yaitu Pancasila. nah untuk memperingati hari lahirnya pancasila yang sudah sejak 2016 mewajibkan seluruh dunia pendidikan memperingatinya dengan upacara. SMK Strada Budi Luhur bersama dengan sekolah-sekolah SD dan SMP di komplek Budi Luhur melaksanakan Upacara. Ikut hadir pula Pak Antonius Totok P. yang saat ini menjabat sebagai Kepala Perkumpulan Strada Cabang Bekasi dan beberapa Staff dari Kantor Strada Pusat juga turut menjadi peserta dalam Upacara peringatan hari Lahirnya Pancasila ini.

Upacara dimulai tepat pukul 07.00 pagi dengan para petugas merupakan siswa siswi dari SD sampai SMK. Pembina upacara kali ini adalah Kepala Sekolah SMK Strada Budi Luhur kita ini , yaitu Bpk. Antonius Cipto KTW. atau yang akrab kita panggil dengan Pak Anto. Hari Lahirnya Pancasila kali ini mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Perumbuhan Global”.

Dalam amanatnya Pak Anto menjelaskan tentang makna dari Gotong Royong dan memberikan penegasan bagaimana kita harus menjaga dan dan mengamalkan Pancasila ini dengan cara yang sederhana, yaitu dengan saling menghargai satu sama lain dan hidup ditengah perbedaan.

   

 

Kira-kira sobat Strabel pada tau belum nih tentang sejarah Lahirnya Pancasila ini. Di artikel ini juga saya mau menceritakan sedikit tentang sejarah lahirnya Pancasila ya guys. hehe

Jadi dilansir dari Kompas.com, Istilah Pancasila sudah dikenal sejak zaman majapahit pada abad ke-14, terdapat dalam buku Negarakertagama karangan Empu Prapanca. Lahirnya Pancasila sendiri merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945 silam. Lahirnya Pancasila berawal pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945, di mana Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengadakan sidang pertama untuk membahas dasar negara. Sidang tersebut dilakukan di Gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada sidang pertama, para anggota masih belum menemukan titik terang mengenai dasar negara Indonesia. Kemudian, pada 1 Juni 1945, Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara. Gagasan yang disampaikan Soekarno adalah mengenai dasar negara Indonesia merdeka, bernama Pancasila. Dalam pidato tersebut, untuk kali pertama konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara merdeka. Awalnya, pidato ini disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul, sampai akhirnya mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” dari mantan Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis tersebut diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI. Akhirnya, Pancasila dinyatakan sah dan resmi dijadikan sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945. Kata Pancasila sendiri diambil dari bahasa sansekerta, di mana Panca berarti lima dan Sila yang berarti dasar atau asas.

yaps begitulah kira-kira lahirnya Dasar negara kita yang luar biasa ini.

Setelah berakhirnya Upacara 1 Juni 2023 ini, diumumkan juga oleh Bapak Antonius Totok, bahwa sekolah-sekolah dibawah naungan Strada Cabang Bekasi mendapatkan banyak sekali kejuaraan-kejuraan baik akademis, non akademis, dan berbagai macam tingkatan dari tingkat kota, kabupaten, sampai Provinsi, Nasional bahkan ada juga yang Internasional. Pak Totok juga mengucapkan terimakasih kepada para siswa yang hebat-hebat dan juga para guru dan karyawan yang mendampingi mereka. Penyampaian pengumuman ini di barengi dengan tepuk tangan yang meriah dan rasa bangga yang luar biasa karena bersekolah di bawah naungan Strada Cabang Bekasi khususnya di komplek Strada Budi Luhur.

seperti itulah kira-kira upacara memperingati Hari Lahirnya Pancasila di Strada Komplek Budi Luhur. Jadi sampai ketemu di artikel-artikel berikutnya ya sobat Strabel..

oia jangan lupa juga di share artikel ini yaa..

bye byee.

Sebarkan artikel ini